Kupon Floating pada Obligasi

Daftar Materi

Obligasi dengan kupon floating atau floating rate bonds adalah jenis obligasi yang memiliki tingkat bunga yang berubah mengikuti perubahan suku bunga pasar.

Dalam obligasi dengan kupon floating, tingkat bunga yang dibayarkan kepada investor berkaitan langsung dengan tingkat suku bunga acuan. Di Indonesia, suku bunga acuan menggunakan BI 7 Day Reverse Repo Rate (BI7DRR).

Memahami Cara Kerja

Obligasi jenis ini bertujuan untuk mengurangi risiko suku bunga bagi penerbit obligasi. 

Tingkat bunga pada obligasi dengan kupon floating biasanya ditentukan dengan mengacu pada tingkat suku bunga acuan tertentu ditambah atau dikurangi dengan suatu spread atau selisih tertentu.

Misalnya, obligasi kupon floating bisa memiliki tingkat bunga yang ditentukan sebagai BI7DRR + 2%. Jika tingkat BI7DRR saat ini adalah 5,75%, berarti kupon obligasi yang diterbitkan adalah 7,75%.

Jika misalkan sebulan kemudian tingkat BI7DRR naik 0,25%, maka tingkat kupon obligasi juga akan naik menjadi 8,00%.

Keuntungan Obligasi Floating Rate

Perlindungan dari Risiko Suku Bunga: Keuntungan utama dari obligasi kupon floating adalah perlindungan terhadap risiko suku bunga. Ketika suku bunga pasar naik, tingkat bunga yang dibayarkan kepada pemegang obligasi juga akan naik. Hal ini membantu menjaga nilai investasi dalam situasi di mana suku bunga naik.

Pertimbangan Investasi Obligasi Floating Rate

  1. Risiko Suku Bunga menurun: Meskipun obligasi kupon floating memberikan perlindungan dari risiko suku bunga, mereka juga memiliki risiko bahwa tingkat bunga dapat turun. Jika suku bunga pasar turun, tingkat bunga yang dibayarkan kepada pemegang obligasi juga akan turun, yang dapat mengurangi tingkat pengembalian investasi.
  2. Risiko Kredit Penerbit Obligasi: Seperti halnya dengan jenis obligasi lainnya, obligasi kupon floating juga memiliki risiko kredit penerbit. Investor perlu mempertimbangkan kualitas kredit penerbit obligasi sebelum melakukan investasi.
  3. Kompleksitas valuasi: Obligasi kupon floating lebih kompleks daripada obligasi dengan kupon tetap. Investor perlu memahami mekanisme perhitungan tingkat bunga dan memantau perubahan suku bunga pasar untuk memahami potensi pengembalian investasi.

Kesimpulan

Obligasi kupon floating adalah instrumen investasi yang menawarkan perlindungan dari risiko suku bunga dan potensi tingkat pengembalian yang lebih tinggi. Obligasi ini dapat menjadi pilihan yang menarik untuk investor yang ingin mengurangi risiko suku bunga dalam portofolio mereka. Namun, seperti halnya dengan semua jenis investasi, penting untuk melakukan analisis dan mempertimbangkan risiko yang terkait sebelum membuat keputusan investasi.

Kwan, Denny Setiawan
Investment Advisor
Bagikan artikel ini
Dapatkan insight berkala tentang IPO dan investasi.
Related Posts