Meningkatkan Motivasi Karyawan dengan Employee Stock Option

Dalam upaya meningkatkan  keterlibatan dan memotivasi karyawan serta para direksi, perusahaan dapat menggunakan program Employee Stock Option (ESO). Program ini memberikan kesempatan kepada karyawan dan direksi untuk membeli saham perusahaan dengan harga yang telah ditetapkan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang konsep ESO, manfaatnya, dan bagaimana program ini dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi karyawan dan direksi.

Pengertian Employee Stock Option (ESO)

Employee Stock Option adalah program yang memungkinkan karyawan dan direksi untuk membeli saham perusahaan pada harga yang ditetapkan di awal atau harga yang disesuaikan di masa depan.

ESO biasanya memiliki jangka waktu tertentu yang harus dilewati sebelum saham dapat dijual (vesting schedule). Selama periode ini, karyawan dan direksi memiliki insentif untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan, dan meningkatkan nilai saham perusahaan.

Cara Kerja Employee Stock Option

PT. X memberikan program ESO kepada karyawan dan direksinya. Berikut ini merupakan informasi dari program ESO tersebut :

  • Harga saham PT. X : Rp 100
  • Harga tebus ESO : Rp 150
  • Periode ditahan : 3 tahun

Opsi saham PT. X yang diberikan kepada karyawan dan direksi dapat digunakan setelah periode ditahan selesai. Dengan kata lain dalam waktu 3 tahun, karyawan dan direksi mempunyai insentif untuk meningkatkan kinerja perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan harga saham PT. X.

Misal, setelah 3 tahun kinerja PT. X meningkat dan harga sahamnya pun ikut meningkat menjadi Rp 180/lembar. Karyawan dapat menggunakan opsi sahamnya untuk membeli saham PT. X dengan harga Rp 150/lembar. Di mana saham hasil penebusan stock option tersebut dapat langsung dijual di market dan menghasilkan capital gain sebesar 30%.

Capital Gain :

(180/150) - 1 = 0,3 → 30%

Manfaat Employee Stock Option

  1. Keterlibatan dan Motivasi: Program ESO dapat meningkatkan rasa memiliki, keterlibatan, dan motivasi karyawan untuk berkinerja dengan baik dan berkontribusi terhadap kesuksesan perusahaan. Program ini menciptakan ikatan kuat antara karyawan dan perusahaan, karena kinerja dan nilai saham perusahaan secara langsung terkait dengan keberhasilan mereka.

  2. Peningkatan Retensi Karyawan: Program stock option dapat membantu mengurangi tingkat pergantian karyawan dan mempertahankan tenaga kerja yang berkompeten dan berpengalaman.

  3. Peningkatan Fokus Kinerja Jangka Panjang: Program ESO mendorong karyawan dan direksi untuk mengadopsi perspektif jangka panjang. Dalam program ESO, penjualan saham biasanya hanya dapat direalisasikan setelah periode tertentu. Hal ini mendorong para peserta untuk fokus pada tujuan jangka panjang perusahaan.

  4. Pengikatan Direksi dan Manajemen Eksekutif: Program ESO sering digunakan untuk mempertahankan direktur dan manajemen eksekutif yang berkualitas tinggi. Dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk memiliki  saham perusahaan, program ini memastikan bahwa kepentingan manajemen eksekutif sejalan dengan kepentingan jangka panjang perusahaan.

Kesimpulan

Penting bagi perusahaan untuk merancang program ESO yang sesuai dengan tujuan dan strategi bisnis mereka serta mempertimbangkan implikasi pajak dan regulasi yang berlaku.

Kalkulator estimasi dividen

Cari tahu besar dividen yang akan kamu terima dari saham pilihanmu. 

Copyright © 2024 Denny Kwan

Join our investment newsletter!

Dapatkan update tips, insight investasi, dan studi kasus dari dividenny melalui emailmu.

Kamu sudah subscribe sekarang. Nantikan konten di email kamu.