Memahami Yield To Maturity pada Obligasi

Apa itu Yield To Maturity?

Dalam dunia investasi obligasi, salah satu konsep penting yang perlu dipahami adalah Yield to Maturity (YTM). Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan tentang YTM dan pengaruhnya terhadap nilai dan keputusan investasi obligasi.

YTM mempunyai dua komponen utama: pendapatan bunga yang diterima dari kupon obligasi dan potensi capital gain/loss dari perubahan harga obligasi hingga jatuh tempo.

Singkatnya, jika anda berencana untuk investasi obligasi sampai pada jatuh tempo, carilah obligasi dengan YTM tertinggi yang tersedia di pasar sekunder. Karena YTM adalah tingkat imbal hasil dari sebuah obligasi jika obligasi tersebut dipegang sampai jatuh tempo.

Bagaimana cara menghitung YTM?

Biasanya angka YTM ini sudah dicantumkan di daftar harga obligasi, untuk kemudahan calon investor mencari obligasi yang sesuai.

Info Yield to Maturity pada daftar harga obligasi

Tetapi jika tidak ditemukan info tentang YTM, anda dapat memperkirakan tingkat YTM dengan rumus sebagai berikut :

Rumus di atas hanya berguna untuk memperkirakan tingkat YTM. Untuk mendapatkan perhitungan YTM yang lebih akurat, diperlukan kalkulator finansial atau program komputer dikarenakan perhitungan YTM merupakan perhitungan yang kompleks jika dilakukan dengan tangan. Anda bisa download file excel kalkulator YTM yang saya buat di sini.

Pengaruh YTM terhadap Nilai Wajar Obligasi

YTM berpengaruh terhadap nilai obligasi.

  • Ketika tingkat YTM lebih tinggi dari tingkat kupon obligasi, maka harga obligasi akan lebih rendah dari nilai nominalnya.
  • Jika YTM lebih rendah dari tingkat kupon, harga obligasi akan lebih tinggi dari nilai nominalnya.

Misalnya, jika sebuah obligasi memiliki :

  • Tingkat kupon 5%
  • YTM sebesar 6%

Tingkat imbal hasil YTM yang lebih tinggi dari tingkat kupon, membuat investor menjual obligasi sehingga harga obligasi akan turun di bawah harga nominalnya.

Alasan investor menjual obligasinya karena tingkat kupon obligasi tersebut tidak dapat memenuhi ekspetasi imbal hasil investor (YTM).

Sebaliknya, jika YTM hanya 4%, maka harga obligasi kemungkinan akan lebih tinggi dari nilai nominalnya karena tingkat kupon obligasi tersebut melebihi ekspetasi imbal hasil investor.

Pelajari lebih lanjut tentang menilai wajar harga obligasi »

Kesimpulan

Yield to Maturity (YTM) obligasi adalah konsep penting dalam menentukan investasi obligasi. Investor perlu memahami konsep ini agar hasil investasinya lebih optimal.

Jika anda ingin penjelasan lebih lanjut tentang YTM obligasi ini, anda bisa menghubungi saya.

Kalkulator estimasi dividen

Cari tahu besar dividen yang akan kamu terima dari saham pilihanmu. 

Copyright © 2024 Denny Kwan

Join our investment newsletter!

Dapatkan update tips, insight investasi, dan studi kasus dari dividenny melalui emailmu.

Kamu sudah subscribe sekarang. Nantikan konten di email kamu.