Jenis-Jenis Pendanaan Pasar Modal

Ada berbagai macam jenis pendanaan yang bisa diakses melalui pasar modal (capital market). Fasilitas pendanaan ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan terbuka (Go Public). Berikut ini akan saya jelaskan mengenai jenis-jenis pendanaan apa saja yang bisa dimanfaatkan dari pasar modal.

IPO (Initial Public Offering)

Penawaran Umum Perdana atau IPO adalah proses di mana perusahaan pertama kali menjual sahamnya ke publik melalui pasar modal. Perusahaan yang telah tumbuh dan memiliki kinerja yang baik dapat memilih untuk mendaftarkan sahamnya di bursa efek dan menawarkannya kepada investor individu dan institusional. IPO memberikan perusahaan akses ke pasar modal untuk memperoleh pendanaan alternatif yang signifikan.

Syarat dan proses IPO bisa dipelajari di sini »

Obligasi

Selain saham, perusahaan terbuka juga dapat memperoleh pendanaan melalui penerbitan obligasi. Obligasi adalah surat utang yang diterbitkan oleh perusahaan dengan jangka waktu tertentu dengan tingkat bunga kupon tetap. Obligasi swasta dapat diperjualbelikan di pasar modal. Penerbitan obligasi sumber pendanaan jangka panjang bagi perusahaan yang dapat digunakan untuk membiayai proyek investasi atau memperbaiki struktur modal.

Right Issue

Right issue adalah proses di mana perusahaan terdaftar di bursa efek menerbitkan saham baru kepada pemegang saham lama. Dalam right issue, pemegang saham lama diberikan hak untuk membeli saham baru dengan harga yang biasanya lebih rendah dari harga pasar saat itu. Harga ini disebut dengan harga tebus. Rights issue memberikan perusahaan kesempatan untuk mengumpulkan dana tambahan dari pemegang saham lama.

Pelajari detail cara menghitung right issue dan harga teoritis »

Waran

Waran adalah surat yang diterbitkan perusahaan untuk mendapatkan pendanaan tambahan. Cara kerja waran hampir sama seperti right issue. Waran memiliki harga tebus dan waktu jatuh tempo. Perbedaannya adalah waran memiliki jangka waktu jatuh tempo yang lebih lama dibandingkan right issue.

Disebut waran, karena tujuan dari penerbitan instrumen ini adalah memberikan jaminan (warranty) kepada investor bahwa harga saham perusahaan penerbit di masa depan akan melebihi harga tebus. Ketika harga saham di pasar melebihi harga tebus waran, investor bisa menebus saham baru sesuai dengan tebus harga lama.

Pelajari lebih lanjut tentang waran »

Saham Preferen

Penawaran Saham Preferen adalah proses di mana perusahaan menerbitkan saham preferen kepada investor. Saham preferen memberikan hak istimewa kepada pemegang saham, seperti hak atas dividen tetap atau prioritas dalam pembagian dividen, namun saham preferen tidak memiliki hak suara seperti saham biasa. Penawaran saham preferen dapat digunakan oleh perusahaan untuk memperoleh pendanaan tambahan tanpa dilusi kepemilikan pemegang saham lama.

Private Placement

Penawaran Umum Terbatas atau Private Placement adalah penawaran saham atau obligasi kepada investor institusional atau individu terbatas. Penawaran ini tidak terbuka untuk umum dan dilakukan secara privat antara perusahaan dan investor tertentu. Penawaran umum terbatas biasanya digunakan oleh perusahaan yang lebih kecil atau perusahaan baru yang belum siap melakukan IPO, tetapi membutuhkan pendanaan tambahan.

Private placement membuat pemegang saham lama mengalami dilusi saham. Dilusi saham adalah istilah penurunan porsi kepemilikan pemegang saham lama. Bagaimana cara menghitung dilusi saham?

Simak artikel khusus tentang cara menghitung dilusi saham »

Kesimpulan

Semua fasilitas pendanaan ini bisa dimanfaatkan oleh perusahaan anda dengan langkah awal IPO. Supaya pendanaan yang diperoleh optimal, tentunya perlu dirancang strategi yang komprehensif. Kunci kesuksesan IPO terletak pada timing dan eksekusi corporate action yang terencana.

Kalkulator estimasi dividen

Cari tahu besar dividen yang akan kamu terima dari saham pilihanmu. 

Copyright © 2024 Denny Kwan

Join our investment newsletter!

Dapatkan update tips, insight investasi, dan studi kasus dari dividenny melalui emailmu.

Kamu sudah subscribe sekarang. Nantikan konten di email kamu.